Konsep pasar dalam penentuan
strategi pemasaran produk
KUIS KE9
Jelaskan dengan terperinci :
1. Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
2. Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?
jelaskan dan berikan contoh ?
3. Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ?
(gambarkan secara grafik)
4. Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5. Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawab :
1. Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu
penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang
penjual atau sering disebut sebagai "monopolis"
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak
produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam
beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap
produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya
dengan produk lainnya
2. Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis adalah pasar
monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di pasar mopolistis memiliki
kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari
pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunya satu penjual sehingga
penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli
3. Keuntungan pasar monopoli yaitu keuntungan penjual cukup tinggi untuk
produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini
menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan
semaunya
4. Kebaikan pasar monopoli yaitu penjualannya cukup tinggi, tidak dapat
menentukan harga semaunya dan Kelemahan pasar monopoli yaitu pembeli tidak ada
pilihan lain untuk membeli barang keuntungan hanya terpusat pada satu
perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5. Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang
dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua
tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan
memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di
mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing
mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan
harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari
pesaing mereka...
No comments:
Post a Comment