Saturday 5 October 2013

TEORI ORGANISASI UMUM


DEFINISI ORGANISASI


Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia).. Definisi lain dari para ahli adalah:
1.  Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
2.  James D .mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
3.  Chester I bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
4. Stephen P. Robbinss menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.


TUJUAN MEMPELAJARI ORGANISASI


    *    Seseorang akan lebih memahami bagaimana ia harus menempatkan diri ketika masuk dalam suatu ikatan organisasi. Karena di dalam organisasi tersebut terdapat beberapa aspek pendukung untuk memenuhi tujuan bersama sekumpulan orang yang terikat di dalamnya. 

  *    Teori organisasi umum membimbing sekumpulan orang dalam suatu organisasi untuk berpendapat, menciptakan visi, misi, sistem, dan program, juga untuk menganalisa dan mengevaluasinya kembali demi keberhasilan pencapaian tujuan dibentuknya organisasi tersebut.


Selain itu juga organisasi bertujuan untuk: 
1. Melatih Leadership
2. Memperluas pergaulan
3. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
4. Membentuk karakteristik seseorang
5. Kuat dalam menghadapi tekanan
6. Mampu mengatur waktu dengan sangat baik



PENGALAMAN BERORGANISASI



Pengalaman saya dalam organisasi, pada waktu duduk di bangku SMP saya mengikuti ekskul Taekwondo dan saya masih aktif mengikuti ekskul itu hingga sekarang. pada saat saya duduk di bangku SMA pada saat itu saya dan teman-teman saya ingin mengadakan ujian kenaikan tingkat yang berbentuk kejuaraan dan kami yang menjadi panitianya. . Setelah terbentuk susunan kepanitiaan, saya ditunjuk untuk menjadi sekretaris. Dan saya ditugaskan untuk membuat proposal dan mendata setiap anak yang ingin mengikuti kejuaraan tersebut. 
Satu hari sebelum hari H kamipun mengadakan rapat dan mempersiapkan semuanya untuk menyusun acara dan membagi tugas agar acara dapat berjalan sebagaimana mestinya. Kami mempersiapkan satu GOR untuk digunakan esok harinya. Kami saling bekerjasama sampai tengah malam. Pada hari H kamipun sudah berada di GOR dan segera mengambil tugas masing-masing, acara pun berjalan dengan lancar dan baik, semua ini tidak akan berjalan lancar apabila komunikasi dan kordinasi antar anggota tidak ada, maka dalam suatu organisasi akan hacur apa bila antar anggota tidak ada komunikasi.
Dari sinilah saya belajar banyak tentang organisasi dan banyak konflik2 yang akan di timbulkan apabila komunikasi antar anggota terputus, dan tidak adanya koordinasi, terjadinya perbedaan pendapat, maka dari itu sifat saling menghormati dan menghargai juga sangat penting dalam organisasi.



Refrensi:

http://catatandiankurniawan.blogspot.com/2013/06/pengertian-organisasi.html
http://asa-2009.blogspot.com/2013/08/pengertian-tujuan-dan-manfaat-organisasi.html

No comments:

Post a Comment